Innovate or Die: Winning Consumers' Heart in the Fast-Mobile World
Ivan Lau - CEO OPPO Indonesia
OPPO merupakan salah satu brand smartphone dari China yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan saat ini OPPO menjadi brandyang menduduki peringkat pertama di pangsa pasar smartphone di Indonesia. Pada kesempatan CEO Talk bulan November 2019, MM UK Petra mengundang Mr. Ivan Lau selaku CEO dari PT. OPPO Indonesia untuk membagikan pengalaman mengenai kunci keberhasilan OPPO mempenetrasi pasar Indonesia. Kegiatan CEO Talk ini dikemas dalam bentuk sharing pengalaman, dan inspirasi bisnis dari narasumber.
Kegiatan CEO Talk diawali dengan cerita pengalaman dari Mr. Ivan Lau yang sudah bekerja untuk OPPO selama 15 tahun. Mr. Ivan Lau memulai karirnya dengan bekerja pada OPPO China kemudian Oppo Thailand dan barulah di tahun 2013 Mr. Ivan Lau bekerja pada PT. Oppo Indonesia, pada awalnya Mr. Ivan bekerja pada divisi marketing dan pada tahun 2015 Beliau diangkat menjadi CEO PT. OPPO Indonesia. Mr. Ivan bercerita bahwa OPPO tidak hanya mengandalkan inovasi dan teknologi saja untuk bisa mendapatkan hati masyarakat, namun setidaknya ada 3 stakeholders utama yang menjadi fokus perhatian OPPO untuk bertahan bahkan menjadi pemenang di pasar Indonesia.
Stakeholder pertama adalah tim internal atau karyawan OPPO. Perusahaan menjaga komunikasi yang baik dengan tim di perusahaan, hal ini dilakukan agar perusahaan dan tim dapat mencapai tujuan bersama yang diinginkan. PT. OPPO Indonesia berusaha untuk mengembangkan perusahaan dan juga karyawan yang bekerja di dalamnya. Perusahaan menekankan agar suasana bekerja tetap harmonis sehingga siapapun yang bekerja di dalamnya akan tetap senang dalam melakukan pekerjaannya. PT.OPPO Indonesia juga menekankan adanya tanggung jawab sosial sehingga semua karyawan khusunya kaum millenialharus memiliki kontribusi positif.
Stakeholder kedua adalah rekan bisnis OPPO. Yang diterapkan adalah bagaimana perusahaan membangun hubungan yang baik dengan partnerbisnis seperti dealers dan penjual. Mr. Ivan Lau juga menjelaskan bahwa selama ini, partner bisnis merupakan suporter no 1 dari PT. OPPO Indonesia, sehingga OPPO mampu menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia, PT. OPPO Indonesia selalu memberikan layanan yang baik kepada para partner bisnis dengan tujuan agar PT. OPPO Indonesia dan para partner bisnis bisa saling maju menjadi besar secara bersama-sama serta menjalin kerjasama yang sehat dalam jangka waktu yang panjang.
Stakeholder ketiga yang menjadi perhatian PT. OPPO Indonesia konsumen. Fokus OPPO adalah bagaimana perusahaan membangun hubungan yang baik dengan para konsumen. Hal ini dilakukan dengan cara selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik bagi para konsumen serta memberikan produk atau teknologi yang bagus sehingga konsumen puas dan senang untuk menggunakan produk dari OPPO.
Mr. Ivan Lau juga menceritakan bagaimana strategi OPPO untuk mengubah persepsi masyarakat Indonesia mengenai produk buatan China, yaitu dengan cara menunjukkan pada konsumen Indonesia bahwa produk, layanan, tim, budaya perusahaan, hubungan sosial dari perusahaan sangat baik dan berbeda dengan perusahaan China lain yang sudah masuk ke pasar Indonesia selama ini. Komplain dan tekanan dari kompetitor maupun dari konsumen dijadikan perusahaan sebagai introspeksi agar OPPO bisa memperbaiki kesalahan dan berkembang menjadi perusahaan yang lebih baik lagi. PT. OPPO Indonesia juga menjalankan program CSR dimana yang saat ini dilakukan lebih banyak ditekankan kepada para karyawan dan keluarga dari karyawan OPPO.
CEO Talk kedelapan di tahun 2019 ini berlangsung dalam suasana dialog serius tetapi santai dan interaktif yang dihadiri oleh mahasiswa MM UK Petra dari berbagai angkatan dan peminatan studi.
Disarikan oleh Angeline Alice, mahasiswa MM batch 21 peminatan Strategic Marketing Management