Creating Digital Experience in the F&B Business
Kusnadi Rahardja – CEO Boga Group Indonesia
Perkembangan pemasaran digital saat ini telah mengubah cara merk dan bisnis menggunakan teknologi untuk memasarkan produknya. Hal ini yang menjadi topik utama pembicaraan Bapak Kusnadi selaku Owner Boga Group Indonesia dalam CEO talk edisi bulan Oktober 2019. Kegiatan yang mempertemukan mahasiswa MM UK Petra dengan Owner Boga Group Indonesia ini dikemas dalam bentuk sharing pengalaman dan inspirasi bisnis dari narasumber, disambung dengan sesi tanya jawab.
Bapak Kusnadi mengawali sharingnya dengan menceritakan terlebih dahulu mengenai profil perusahaan (visi, misi, dan value perusahaan). Setelah itu baru beliau menjelaskan topik utama mengenai bagaimana menciptakan pengalaman digital di bisnis F&B. Trend yang terjadi saat ini adalah konsumen tidak mau repot lagi dengan membeli makanan ke Outlet Restaurant. Mereka cenderung memesan makanan via aplikasi Gojek atau Grab karena kepraktisannya dan terdapat diskon-diskon menarik yang semakin menambah minat konsumen untuk membeli makanan secara online. Boga Group tentu tidak mau ketinggalan dengan trend tersebut sehingga brand- brand Boga Group kini hadir di berbagai aplikasi dan terus melakukan pemasaran via digital guna menjawab permintaan konsumen.
Selain topik utama yang didiskusikan, Bapak Kusnadi juga sempat menceritakan pengalaman nya sebagai seorang profesional sebelum Beliau menjadi Owner. Beliau bersyukur karena berkat pengalamannya itu, beliau lebih memahami apa arti disiplin dan integritas kerja yang pada akhirnya beliau terapkan dalam menjalankan bisnis F&B. Tak hanya itu, Beliau juga menuturkan pentingnya memahami organizational behavior sehingga dapat memotivasi dan mengelola SDM yang berkarir di Boga Group . Terakhir sesi tanya jawab berlangsung dengan sangat baik dimana mahasiswa menanyakan berbagai hal mulai dari bagaimana supply chainnya Boga Group, bagaimana starting sebuah bisnis F&B baru sampai pada suka duka perjalanan Boga Group.
CEO talk ketujuh di tahun 2019 ini berlangsung dalam suasana dialog serius tapi santai dan interaktif yang dihadiri oleh 15 mahasiswa MM UK Petra dari berbagai angkatan dan minat studi.
Disarikan oleh Edwin Ang, mahasiswa batch 20 peminatan Organizational Development & Change