Building Relationship and Trust with Customer in the B2B Context
Fandy Gunawan - CEO SaVE Variasi Mobil Surabaya
Membangun relasi dengan konsumen yang didasarkan pada kepercayaan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam mengawali dan mempertahankan suatu bisnis. Apabila pemilik bisnis dapat menjalin hubungan baik dan menjaga kepercayaan konsumen maka bisnis akan dapat berjalan baik dan mampu survive di tengah kompetisi yang ketat.
Untuk menggali lebih dalam bagaimana cara membangun relasi dan kepercayaan konsumen, Program Studi Magister Manajemen Universitas Kristen Petra mengadakan kegiatan CEO Talk dengan topik “Building Relationship and Trust with Customer in the B2B Context”. CEO Talk merupakan kegiatan perkuliahan luar kampus yang bertujuan mempertemukan mahasiswa MM UK Petra dengan para CEO perusahaan skala lokal dan nasional yang membagikan pengalaman bisnis mereka. Narasumber yang diundang kali ini adalah CEO SAVe Variasi Mobil, Bapak Fandi Gunawan, S.T.. Acara dikemas dengan sharing pengalaman dan inspirasi bisnis dari narasumber, disambung dengan sesi tanya jawab dibarengi dengan makan siang dan foto bersama.
Bapak Fandi mengawali sharingnya dengan menceritakan apa yang melatarbelakangi Beliau memilih bisnis variasi mobil dan kemudian secara detail menjelaskan bagaimana Beliau merintisnya hingga saat ini, setelah 18 tahun membangun, SAVe menjadi salah satu leader di wilayah Jawa Timur.
Ada tiga faktor paling penting dalam menjalankan bisnis B2B yang dikemas menjadi Past-Present-Future. Pertama, adalah reputasi, yaitu portfolio atau profil pelanggan dengan siapa kita menjalin bisnis selama ini. Amat penting untuk membangun portfolio karena ini menunjukkan capaian kita di “masa lalu” yang menjadi bekal untuk mencari konsumen baru. Kedua adalah casing, menggambarkan tampilan luar kita. Pepatah mengatakan “don't judge the book from its cover”, namun dalam bisnis, tampilan luar atau casing amat penting untuk memberi kesan saat ini (present) bahwa kita adalah pelaku bisnis yang professional. Casing ini ditunjukkan dalam penampilan baju, cara kita memberi salam, cara kita bersalaman, cara duduk dan sebagainya. Terakhir adalah karakter. Casing tidak bersifat jangka panjang, diperlukan karakter yang baik agar reputasi dan casing yang di awal sudah dibangun dapat bertahan lama. Selain ketiga hal mendasar di atas, Bapak Fandi juga mengingatkan bahwa dalam bisnis B2B bukan hanya tentang transaksi tetapi juga tentang relasi. Sebagai seorang Kristiani, Beliau percaya rejeki sumbernya dari Tuhan dan sering kali disalurkan melalui relasi bisnis yang sudah dimiliki.
CEO Talk pertama di tahun 2019 ini dihadiri 15 mahasiswa MM UK Petra dari berbagai angkatan. Jumlah peserta sengaja dibatasi agar kegiatan diskusi berlangsung lebih interaktif.
Disarikan oleh: Chandra Titius (MM batch 19 Peminatan Studi: Financial Management)