Kurikulum

  • Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
  • Kurikulum Prodi MM memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam 3 kompentensi yaitu:
    1) Kompetensi Utama; 2) Kompetensi Pendukung; dan 3) Kompetensi Lainnya. Diharapkan ketiganya dapat mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi.
  • Kurikulum memuat mata kuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
  • Kurikulum Prodi MM dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan
    kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

 

PEMINATAN STUDI 

Program Studi Magister Manajemen UK Petra menawarkan 7 Peminatan Studi, antara lain: 

1) Magister Manajemen Peminatan Branding and Digital Marketing

MM Strategic Marketing Management dirancang secara khusus bagi profesional dan pengusaha yang ingin mengembangkan kompetensi pemasaran dengan menitikberatkan pada strategi membangun keunggulan bersaing perusahaan. MM Strategic Marketing Management akan melengkapi para profesional dan pengusaha dalam menguasai kompetensi penjualan dan distribusi, komunikasi pemasaran terpadu, memahami perilaku konsumen serta strategi memasuki pasar global. MM Strategic Marketing Management juga memberi kesempatan bagi para lulusan perguruan tinggi yang ingin menjadi profesional dalam bidang pemasaran dan pengusaha.

2) Magister Manajemen Peminatan Wealth and Personal Finance

MM Financial Management dirancang bagi profesional yang ingin mendalami bidang pengelolaan keuangan perusahaan, pengelolaan keuangan individu (wealth management), menentukan nilai wajar dari sebuah bisnis (business valuation), dan mempersiapkan perusahaan dalam memasuki globalisasi keuangan. MM Financial Management diperuntukkan bagi lulusan perguruan tinggi yang ingin mendalami karir dalam industri keuangan baik yang bergerak dalam bidang corporate finance, insurance, banking, perusahaan sekuritas dan pasar modal.

3) Magister Manajemen Peminatan Strategic Management Accounting

Strategic Management Accounting merupakan kompetensi baru yang dibutuhkan profesional yang bekerja dibidang akuntansi dalam menyediakan informasi tentang kekuatan daya saing perusahaan dibanding pesaing. Strategic Management Accounting juga merupakan keahlian yang ditawarkan oleh Certified Management Accounting (CMA) Australia. Oleh karena itu, materi yang akan diberikan oleh MMUK. Petra untuk keahlian profesi ini mengacu pada materi CMA Australia. Selain itu, lulusan MM-UKP mendapat kesempatan untuk memperoleh sertifikasi profesi CMA dari CIMA Australia dan gelar akademik MM dari UK. Petra. Bagi Anda yang bekerja dalam bidang akuntansi, Anda memiliki kesempatan untuk mengambil keahlian MM UK. Petra sekaligus mendapatkan pengakuan profesi CMA (Certified Management Accountant).

4) Magister Manajemen Peminatan Strategic Logistic and Supply Chain

MM Supply Chain Management dirancang secara komprehensif dan integratif untuk meningkatkan kompetensi profesional yang bertanggungjawab terhadap pengembangan strategi perusahaan dalam pengelolaan sumber daya yang semakin terbatas. MM Supply Chain Management akan melengkapi profesional dalam pengelolaan sumber daya yang melewati lintas batas negara (global value chain), meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis (business process re-engineering), mengeksekusi/menjalankan strategi berbasis project yang terintegrasi (integrated project management) dan mengembangkan soft skill dalam melakukan negosiasi dalam memperoleh sumber daya (strategic sourcing and procurement).

5) Magister Manajemen Peminatan Educational Leaderhip Management

Program pasca sarjana ini dirancang untuk para pemimpin lembaga pendidikan seperti koordinator guru, pemimpin lembaga pendidikan non-sekolah serta guru-guru yang mengampu mata pelajaran terkait Bisnis, Manajemen dan Ekonomi. Mahasiswa MM Education akan mempelajari empat kompetensi, yaitu: kompetensi konseptual pendidikan, kompentensi kepemimpinan, kompetensi manajerial dan kompetensi penelitian. Kompetensi konseptual akan dibentuk utamanya melalui mata kuliah: Filsafat dan kebijakan pendidikan, Pengambilan keputusan etis dan Pengelolaan manusia, Kompetensi kepemimpinan akan dibangun melalui matakuliah Kepemimpinan, Manajemen Stratejik, dan Memimpin Akademisi. Kompetensi manajerial akan dikuatkan melalui mata kuliah Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Akuntansi dan Manajemen Aset Pendidikan. Kompetensi keempat yaitu kompetensi penelitian akan dibentuk melalui mata kuliah Isu Kontemporer Pendidikani, Metodologi Riset dan dengan menulis Tesis sebagai tugas akhir. Tesis yang dilakukan merupakan riset terkait kepemimpinan maupun pengelolaan pendidikan.

6) Magister Manajemen Peminatan Organizational Development and Change

Perubahan lingkungan bisnis ternyata membuahkan kompleksitas organisasi. Perubahan harus dijinakkan. Menjinakkan perubahan dan mengurangi kompleksitas organisasi menuntut pelaku bisnis harus memiliki kompetensi baru. OD yang merupakan singkatan Organization Development merupakan kompetensi baru yang dibutuhkan pebisnis dalam mengelola perubahan. 

7) Magister Manajemen Peminatan Strategic Businesss Intelligence and Analytics

Era disrupsi teknologi membuat penguasaan akan teknologi digital dan big data menjadi tidak terelakkan bagi para pengambil keputusan dan strategi bisnis. Peminatan ini melengkapi profesional dengan pemahaman akan komponen sistem informasi dan kemampuan menggunakan alat analisis data bisnis dna keuangan untuk menunjang keputusan dan strategi bisnis.

 

 

 

Skema kurikulum tidak tersedia

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
  • Core Subject
  • Mata Kuliah Peminatan
Data mata kuliah tidak ditemukan