Calon Mahasiswa

Sistem Rekrutmen Mahasiswa Baru

Prosedur Rekrutmen dan Seleksi Mahasiswa Baru Sebagai Berikut:

  1. Calon mahasiswa menghubungi Prodi MM untuk mencari informasi seputar perkuliahan S2 MM. [Calon mahasiswa dapat mendatangi langsung kantor administrasi Prodi MM di kampus UK Petra, maupun dengan cara berkorespondensi via email dengan tenaga kependidikan Prodi MM]
  2. Prodi MM memberikan tanggapan melalui penjelasan lisan (bagi calon mahasiswa yang datang langsung), serta penjelasan tertulis via email balasan, disertai dengan pemberian booklet berisi keterangan lengkap mengenai Prodi MM dan semua peminatan studi yang ditawarkan, serta formulir pendaftaran.
  3. Pendaftaran dilakukan melalui pembelian PAC (Petra Admission Code). Petra Admission Code (PAC) digunakan untuk melakukan pendaftaran ke UK Petra dan dibeli seharga Rp 750.000,-. PAC yang sudah dibeli tidak dapat ditukarkan atau dikembalikan. melalui Tokopedia di tautan: petra.id/S2MM_PAC. Kode PAC dan PIN terdapat di “kode voucher” yang tertera di bukti transaksi pada akun Tokopedia Calon Mahasiswa.
  4. Calon mahasiswa melengkapi serta mengumpulkan formulir pendaftaran dengan melampirkan:
    1. Fotokopi akta kelahiran (1 lembar)
    2. Fotokopi KTP/Paspor/SIM (1 lembar)
    3. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai (1 lembar)
    4. Pasfoto terbaru berwarna ukuran 3x4 (1 lembar)
    5. SURAT PERSETUJUAN TUGAS BELAJAR (dari organisasi/perusahaan tempat bekerja apabila status calon mahasiswa adalah tugas belajar/kuliah atas biaya organisasi/perusahaan)
  5. Calon mahasiswa mengikuti ujian seleksi yang diselenggarakan oleh Prodi MM, dimana seleksi terdiri dari 2 macam yaitu:
    1. Tes wawancara akademik dengan Pimpinan Prodi MM dan Koord Peminatan
    2. Test Whole Mind Assessment yang diselenggarakan internal Prodi MM.
  6. Calon mahasiswa yang sudah lolos ujian seleksi diberi surat penerimaan resmi dari Prodi dan diminta untuk melakukan pendaftaran ulang dengan cara melengkapi semua persyaratan administrasi yang dibutuhkan.
  7. Setelah kelengkapan administrasi yang dibutuhkan sudah dipenuhi, Prodi melakukan koordinasi dengan Biro Administrasi Akademik (BAAk) untuk pengurusan NRP, pembuatan KTM, dan input data mahasiswa baru agar terintegrasi dengan sistem online administrasi universitas.

 

Kriteria Calon Mahasiswa :

  1. Telah lulus S1 atau S2 dari universitas yang terakreditasi (dalam negeri) maupun S1 dari universitas di luar negeri yang diakui oleh DIKTI.
  2. Lulus S1 dengan IPK ≥ 3.00 untuk fresh graduate dan IPK ≥ 2.75 bagi yang bekerja penuh waktu dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun.
  3. Direkomendasikan berdasarkan Whole Mind Assessment. 
  4. Memiliki nilai TOEFL ≥ 450 (ditunjukkan dengan sertifikat TOEFL yang pernah diikuti).

 

Prodi MM Memiliki 3 Jalur yaitu:

  1. Jalur Umum
      Melakukan perekrutan calon mahasiswa baru yang berasal dari alumni program S1 universitas di luar UK Petra yang terakreditasi oleh DIKTI.
  2. Jalur Kerjasama Kemitraan
      Melakukan perekrutan calon mahasiswa baru yang berasal dari institusi mitra yang bekerjasama dengan UK Petra.
  3. Jalur Beasiswa
      Melakukan perekrutan calon mahasiswa baru dengan memberikan beasiswa bagi alumni program S1 UK Petra serta alumni program S1 non UK Petra yang memiliki presetasi akademik dengan IPK ≥ 3,25 dengan masa studi tidak lebih dari 4 tahun dan calon mahasiswa berasal dari Program Studi yang terakreditasi A.

 

Jadwal Perkuliahan

1. Kelas Malam: Senin-Jumat, 18.30-21.00 WIB (disediakan makan malam sebelum kelas)

2. Kelas Akhir Pekan: Kamis dan Jumat, 18.30-21.00 WIB (disediakan makan malam sebelum kelas), dan Sabtu, 08.00-16.30 WIB (disediakan makan siang)

 

Mode Pembelajaran

Dari awal perkuliahan, mahasiswa dapat memilih untuk mengikuti salah satu dari dua mode pembelajaran berikut:

1. Full Onsite (di kampus UK Petra)

2. Full Online (ketika menjalani UTS UAS dan Sidang Tesis, mahasiswa harus datang onsite di kampus)

Administrasi Akademik dan Keuangan

Untuk perkuliahan mulai semester genap 2022/2023 (Februari 2023) mendatang, maka berikut biaya studi MM UK Petra:

  • Biaya Pendaftaran  (pembelian Petra Admission Code/PAC): Rp. 750.000,-
  • Biaya Mengikuti Matrikulasi : Rp. 1.500.000,- (kelas matrikulasi diikuti oleh mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan S1 non-ekonomi)
  • Biaya Studi:
    • Umum (alumni S1 di luar UK Petra) tanpa beasiswa: Total Rp 90.000.000,-
    • Tersedia beasiswa berprestasi dan beasiswa alumni (diajukan dan diinformasikan ketika mendaftar).

          Biaya studi dibayarkan setiap semester (total ada 4 semester).

 

INFORMASI PEMINATAN STUDI MM

Program Studi Magister Manajemen UK Petra menawarkan 7 Peminatan Studi, antara lain: 

 

DIBUKA DI SEMESTER GASAL - AGUSTUS

1) Magister Manajemen Peminatan Branding and Digital Marketing

MM Strategic Marketing Management dirancang secara khusus bagi profesional dan pengusaha yang ingin mengembangkan kompetensi pemasaran dengan menitikberatkan pada strategi membangun keunggulan bersaing perusahaan. MM Strategic Marketing Management akan melengkapi para profesional dan pengusaha dalam menguasai kompetensi penjualan dan distribusi, komunikasi pemasaran terpadu, memahami perilaku konsumen serta strategi memasuki pasar global. MM Strategic Marketing Management juga memberi kesempatan bagi para lulusan perguruan tinggi yang ingin menjadi profesional dalam bidang pemasaran dan pengusaha.

 

2) Magister Manajemen Peminatan Wealth and Personal Finance

MM Financial Management dirancang bagi profesional yang ingin mendalami bidang pengelolaan keuangan perusahaan, pengelolaan keuangan individu (wealth management), menentukan nilai wajar dari sebuah bisnis (business valuation), dan mempersiapkan perusahaan dalam memasuki globalisasi keuangan. MM Financial Management diperuntukkan bagi lulusan perguruan tinggi yang ingin mendalami karir dalam industri keuangan baik yang bergerak dalam bidang corporate finance, insurance, banking, perusahaan sekuritas dan pasar modal.

 

3) Magister Manajemen Peminatan Strategic Management Accounting

Strategic Management Accounting merupakan kompetensi baru yang dibutuhkan profesional yang bekerja dibidang akuntansi dalam menyediakan informasi tentang kekuatan daya saing perusahaan dibanding pesaing. Strategic Management Accounting juga merupakan keahlian yang ditawarkan oleh Certified Management Accounting (CMA) Australia. Oleh karena itu, materi yang akan diberikan oleh MMUK. Petra untuk keahlian profesi ini mengacu pada materi CMA Australia. Selain itu, lulusan MM-UKP mendapat kesempatan untuk memperoleh sertifikasi profesi CMA dari CIMA Australia dan gelar akademik MM dari UK. Petra. Bagi Anda yang bekerja dalam bidang akuntansi, Anda memiliki kesempatan untuk mengambil keahlian MM UK. Petra sekaligus mendapatkan pengakuan profesi CMA dan CIMA

 

4) Magister Manajemen Peminatan Strategic Businesss Intelligence and Analytics

Era disrupsi teknologi membuat penguasaan akan teknologi digital dan big data menjadi tidak terelakkan bagi para pengambil keputusan dan strategi bisnis. Peminatan ini melengkapi profesional dengan pemahaman akan komponen sistem informasi dan kemampuan menggunakan alat analisis data bisnis dna keuangan untuk menunjang keputusan dan strategi bisnis.

 

 

DIBUKA DI SEMESTER GENAP - FEBRUARI

1) Magister Manajemen Peminatan Branding and Digital Marketing

MM Strategic Marketing Management dirancang secara khusus bagi profesional dan pengusaha yang ingin mengembangkan kompetensi pemasaran dengan menitikberatkan pada strategi membangun keunggulan bersaing perusahaan. MM Strategic Marketing Management akan melengkapi para profesional dan pengusaha dalam menguasai kompetensi penjualan dan distribusi, komunikasi pemasaran terpadu, memahami perilaku konsumen serta strategi memasuki pasar global. MM Strategic Marketing Management juga memberi kesempatan bagi para lulusan perguruan tinggi yang ingin menjadi profesional dalam bidang pemasaran dan pengusaha.

 

2) Magister Manajemen Peminatan Strategic Logistic and Supply Chain

MM Supply Chain Management dirancang secara komprehensif dan integratif untuk meningkatkan kompetensi profesional yang bertanggungjawab terhadap pengembangan strategi perusahaan dalam pengelolaan sumber daya yang semakin terbatas. MM Supply Chain Management akan melengkapi profesional dalam pengelolaan sumber daya yang melewati lintas batas negara (global value chain), meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis (business process re-engineering), mengeksekusi/menjalankan strategi berbasis project yang terintegrasi (integrated project management) dan mengembangkan soft skill dalam melakukan negosiasi dalam memperoleh sumber daya (strategic sourcing and procurement).

 

3) Magister Manajemen Peminatan Educational Leadership Management

Program pasca sarjana ini dirancang untuk para pemimpin lembaga pendidikan seperti koordinator guru, pemimpin lembaga pendidikan non-sekolah serta guru-guru yang mengampu mata pelajaran terkait Bisnis, Manajemen dan Ekonomi. Mahasiswa MM Education akan mempelajari empat kompetensi, yaitu: kompetensi konseptual pendidikan, kompentensi kepemimpinan, kompetensi manajerial dan kompetensi penelitian. Kompetensi konseptual akan dibentuk utamanya melalui mata kuliah: Filsafat dan kebijakan pendidikan, Pengambilan keputusan etis dan Pengelolaan manusia, Kompetensi kepemimpinan akan dibangun melalui matakuliah Kepemimpinan, Manajemen Stratejik, dan Memimpin Akademisi. Kompetensi manajerial akan dikuatkan melalui mata kuliah Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Akuntansi dan Manajemen Aset Pendidikan. Kompetensi keempat yaitu kompetensi penelitian akan dibentuk melalui mata kuliah Isu Kontemporer Pendidikani, Metodologi Riset dan dengan menulis Tesis sebagai tugas akhir. Tesis yang dilakukan merupakan riset terkait kepemimpinan maupun pengelolaan pendidikan.

 

4) Magister Manajemen Peminatan Organizational Development and Change

Perubahan lingkungan bisnis ternyata membuahkan kompleksitas organisasi. Perubahan harus dijinakkan. Menjinakkan perubahan dan mengurangi kompleksitas organisasi menuntut pelaku bisnis harus memiliki kompetensi baru. OD yang merupakan singkatan Organization Development merupakan kompetensi baru yang dibutuhkan pebisnis dalam mengelola perubahan. 

 

 

FORMULIR PENDAFTARAN STUDI MM 

Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru dapat diunggah pada link berikut:

Pendaftaran Semester Gasal (Agustus):

petra.id/mm_formregistrasi_gasal_agustus

Untuk Pendaftaran Semester Gasal peminatan studi yang dibuka antara lain:
1. Branding & Digital Marketing
2. Wealth & Personal Finance
3. Strategic Management Accounting
4. Strategic Business Intelligence & Analytics

 

Pendaftaran Semester Genap (Februari):

petra.id/mm_formregistrasi_genap_februari

Untuk Pendaftaran Semester Genap, peminatan studi yang dibuka antara lain:
1. Branding & Digital Marketing
2. Organizational Development & Change
3. Strategic Logistics and Supply Chain
4. Educational Leadership Management

 

Silakan mengisi lengkap dan mengembalikan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi melalui email ke Ibu Rani, Staf Tenaga Kependidikan Prodi MM ke sbm-mm@petra.ac.id, atau dapat mengembalikan hard-copy Formulir langsung ke TU Prodi MM yang berlokasi di Gedung T lantai 4, ruang 419 dengan membawa kelengkapan berkas yang diminta.

 

Catatan: Perkuliahan malam dan akhir pekan dibukaapabila memenuhi kuota minimal yaitu 5 mahasiswa. Peminatan studi akan dilaksanakan apabila memenuhi kuota minimal yaitu 3 mahasiswa.