Calon Mahasiswa

Sistem Rekrutmen Mahasiswa Baru

Prosedur Rekrutmen dan Seleksi Mahasiswa Baru Sebagai Berikut:

  1. Calon mahasiswa menghubungi Prodi MM untuk mencari informasi seputar perkuliahan S2 MM. [Calon mahasiswa dapat mendatangi langsung kantor administrasi Prodi MM di kampus UK Petra, maupun dengan cara berkorespondensi via email dengan tenaga kependidikan Prodi MM]
  2. Prodi MM memberikan tanggapan melalui penjelasan lisan (bagi calon mahasiswa yang datang langsung), serta penjelasan tertulis via email balasan, disertai dengan pemberian booklet berisi keterangan lengkap mengenai Prodi MM dan semua peminatan studi yang ditawarkan, serta formulir pendaftaran.
  3. Calon mahasiswa melengkapi serta mengumpulkan formulir pendaftaran dengan melampirkan:
      o Fotokopi ijazah dan transkrip nilai (3 rangkap).
      o Pasfoto terbaru berwarna ukuran 3x4 (4 lembar).
  4. Calon mahasiswa melakukan pembayaran biaya pendaftaran pada rekening UK Petra.
  5. Calon mahasiswa mengikuti ujian seleksi yang diselenggarakan oleh Prodi MM, dimana seleksi terdiri dari 3 macam yaitu:
      a. Tes wawancara akademik dengan Pimpinan Prodi MM dan Kabid Studi.
      b. Test kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL Test).
      c. Test Potensi Akademik Dasar yang diselenggarakan internal Prodi MM.
  6. Calon mahasiswa yang sudah lolos ujian seleksi diberi surat penerimaan resmi dari Prodi dan diminta untuk melakukan pendaftaran ulang dengan cara melengkapi semua persyaratan administrasi yang dibutuhkan.
  7. Setelah kelengkapan administrasi yang dibutuhkan sudah dipenuhi, Prodi melakukan koordinasi dengan Biro Administrasi Akademik (BAAk) untuk pengurusan NRP, pembuatan KTM, dan input data mahasiswa baru agar terintegrasi dengan sistem online administrasi universitas.

 

Kriteria Calon Mahasiswa :

  1. Telah lulus S1 atau S2 dari universitas yang terakreditasi (dalam negeri). Bagi lulusan S1 yang berasal dari perguruan tinggi luar negeri, maka ijazah harus sudah disetarakan oleh Kemenristekdikti.
  2. Lulus S1 dengan IPK ≥ 3.00.
  3. Lulus Test Potensi Akademik (TPA) yang diselenggarakan oleh internal UK. Petra. 
  4. Memiliki nilai TOEFL ≥ 450 dari ujian TOEFL yang dilakukan oleh UK. Petra.

 

Prodi MM Memiliki 3 Jalur yaitu:

  1. Jalur Umum
      Melakukan perekrutan calon mahasiswa baru yang berasal dari alumni program S1 universitas di luar UK Petra yang terakreditasi oleh DIKTI.
  2. Jalur Kerjasama Kemitraan
      Melakukan perekrutan calon mahasiswa baru yang berasal dari institusi mitra yang bekerjasama dengan UK Petra.
  3. Jalur Beasiswa
      Melakukan perekrutan calon mahasiswa baru dengan memberikan beasiswa bagi alumni program S1 UK Petra serta alumni program S1 non UK Petra yang memiliki presetasi akademik dengan IPK ≥ 3,25 dengan masa studi tidak lebih dari 4 tahun dan calon mahasiswa berasal dari universitas yang terakreditasi A.

Jadwal Perkuliahan

1. Kelas Pagi: Senin dan Jumat, 08.30-16.30 WIB. Jumat, 08.30-11.30 WIB (disediakan makan siang)

2. Kelas Malam: Senin-Jumat, 18.30-21.30 WIB (disediakan makan malam)

3. Kelas Akhir Pekan: Jumat, 18.30-21.30 WIB dan Sabtu, 08.00-20.00 WIB (disediakan makan siang dan makan malam)

Administrasi Akademik dan Keuangan

Biaya yang dibutuhkan :

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 750.000,-
  • Biaya Mengikuti Matrikulasi : Rp. 1.500.000,- (kelas matrikulasi diikuti oleh mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan S1 non-ekonomi)
  • Biaya Studi :

           - Umum (alumni S1 di luar UK Petra) tanpa beasiswa: Rp. 13.000.000,-/semester (total: Rp 52.000.000,-)

           - Umum (alumni S1 di luar UK Petra) dengan beasiswa berprestasi: Rp. 11.750.000,-/semester (total: Rp 47.000.000,-)

           - Alumni S1 UK Petra dengan beasiswa alumni: Rp. 11.750.000,-/semester (total: Rp 47.000.000,-)

           - Alumni S1 UK Petra dengan beasiswa alumni berprestasi: Rp. 10.500.000,-/semester (total Rp 42.000.000,-)

            *[Syarat mendapatkan beasiswa berprestasi, IPK > 3,25 dengan Prodi S1 terakreditasi A]

*USPP dibayarkan untuk 4 semester.

 

INFORMASI PEMINATAN STUDI MM

Program Studi Magister Manajemen UK Petra menawarkan 7 Peminatan Studi, antara lain: 

1) Magister Manajemen Peminatan Strategic Marketing Management

MM Strategic Marketing Management dirancang secara khusus bagi profesional dan pengusaha yang ingin mengembangkan kompetensi pemasaran dengan menitikberatkan pada strategi membangun keunggulan bersaing perusahaan. MM Strategic Marketing Management akan melengkapi para profesional dan pengusaha dalam menguasai kompetensi penjualan dan distribusi, komunikasi pemasaran terpadu, memahami perilaku konsumen serta strategi memasuki pasar global. MM Strategic Marketing Management juga memberi kesempatan bagi para lulusan perguruan tinggi yang ingin menjadi profesional dalam bidang pemasaran dan pengusaha.

 

2) Magister Manajemen Peminatan Financial Management

MM Financial Management dirancang bagi profesional yang ingin mendalami bidang pengelolaan keuangan perusahaan, pengelolaan keuangan individu (wealth management), menentukan nilai wajar dari sebuah bisnis (business valuation), dan mempersiapkan perusahaan dalam memasuki globalisasi keuangan. MM Financial Management diperuntukkan bagi lulusan perguruan tinggi yang ingin mendalami karir dalam industri keuangan baik yang bergerak dalam bidang corporate finance, insurance, banking, perusahaan sekuritas dan pasar modal.

 

3) Magister Manajemen Peminatan Strategic Management Accounting

Strategic Management Accounting merupakan kompetensi baru yang dibutuhkan profesional yang bekerja dibidang akuntansi dalam menyediakan informasi tentang kekuatan daya saing perusahaan dibanding pesaing. Strategic Management Accounting juga merupakan keahlian yang ditawarkan oleh Certified Management Accounting (CMA) Australia. Oleh karena itu, materi yang akan diberikan oleh MMUK. Petra untuk keahlian profesi ini mengacu pada materi CMA Australia. Selain itu, lulusan MM-UKP mendapat kesempatan untuk memperoleh sertifikasi profesi CMA dari CIMA Australia dan gelar akademik MM dari UK. Petra. Bagi Anda yang bekerja dalam bidang akuntansi, Anda memiliki kesempatan untuk mengambil keahlian MM UK. Petra sekaligus mendapatkan pengakuan profesi CMA dan CIMA

 

4) Magister Manajemen Peminatan Supply Chain Management

MM Supply Chain Management dirancang secara komprehensif dan integratif untuk meningkatkan kompetensi profesional yang bertanggungjawab terhadap pengembangan strategi perusahaan dalam pengelolaan sumber daya yang semakin terbatas. MM Supply Chain Management akan melengkapi profesional dalam pengelolaan sumber daya yang melewati lintas batas negara (global value chain), meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis (business process re-engineering), mengeksekusi/menjalankan strategi berbasis project yang terintegrasi (integrated project management) dan mengembangkan soft skill dalam melakukan negosiasi dalam memperoleh sumber daya (strategic sourcing and procurement).

 

5) Magister Manajemen Peminatan Education Management

Program pasca sarjana ini dirancang untuk para pemimpin lembaga pendidikan seperti koordinator guru, pemimpin lembaga pendidikan non-sekolah serta guru-guru yang mengampu mata pelajaran terkait Bisnis, Manajemen dan Ekonomi. Mahasiswa MM Education akan mempelajari empat kompetensi, yaitu: kompetensi konseptual pendidikan, kompentensi kepemimpinan, kompetensi manajerial dan kompetensi penelitian. Kompetensi konseptual akan dibentuk utamanya melalui mata kuliah: Filsafat dan kebijakan pendidikan, Pengambilan keputusan etis dan Pengelolaan manusia, Kompetensi kepemimpinan akan dibangun melalui matakuliah Kepemimpinan, Manajemen Stratejik, dan Memimpin Akademisi. Kompetensi manajerial akan dikuatkan melalui mata kuliah Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Akuntansi dan Manajemen Aset Pendidikan. Kompetensi keempat yaitu kompetensi penelitian akan dibentuk melalui mata kuliah Isu Kontemporer Pendidikani, Metodologi Riset dan dengan menulis Tesis sebagai tugas akhir. Tesis yang dilakukan merupakan riset terkait kepemimpinan maupun pengelolaan pendidikan.

 

6) Magister Manajemen Peminatan Tourism and Hospitality Management

MM Konsentrasi THM menyiapkan lulusan untuk meniti karir menjadi pemimpin di industri tourism & hospitality dari posisi kepemimpinan manajerial dasar menuju ke posisi kepemimpinan/manajerial menengah dan puncak. Selain itu, lulusan juga dapat berkarir sebagai tenaga pendidik ataupun wirausahawan yang terjun mengelola sendiri bisnisnya di tourism & hospitality industry.

 

7) Magister Manajemen Peminatan Organizational Development ad Change

Perubahan lingkungan bisnis ternyata membuahkan kompleksitas organisasi. Perubahan harus dijinakkan. Menjinakkan perubahan dan mengurangi kompleksitas organisasi menuntut pelaku bisnis harus memiliki kompetensi baru. OD yang merupakan singkatan Organization Development merupakan kompetensi baru yang dibutuhkan pebisnis dalam mengelola perubahan. 

FORMULIR PENDAFTARAN STUDI MM 

Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru dapat diunggah pada link berikut:

https://drive.google.com/open?id=1lagIEd1Tj2Snzedxgve0ueUZLjWgui5F

Silakan mengisi lengkap dan mengembalikan Formulir Pendaftaran yang sudah diisi ke kantor Tata Usaha Prodi MM, berlokasi di Gedung T lantai 2, ruang 217 dengan membawa kelengkapan berkas yang diminta.

 

Catatan: Perkuliahan pagi/malam/akhir pekan serta pembukaan peminatan studi akan dilaksanakan apabila memenuhi kuota minimal yaitu 5 mahasiswa.